Jumat, 29 April 2016

Ringkasan Materi PTI : BAB-1 Dasar Teknologi Informasi



BAB 1 : DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi informasi (information technologi) atau sering disebut TI, IT dan infotech memiliki pengertian tersendiri, berikut pendapat para ahli :
a.     Haang dan keen (1996)
Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
b.    Martin (1999)
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
c.     William dan sawyer (2003)
Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

            Dari pengertian-pengertian para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Disinilah terdapat dua komponen dalam teknologi informasi yaitu :
1.    Teknologi komputer
Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer. Sedangkan komputer adalah sebuah mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program yang digunakan untuk mengendalikan komputer.
2.    Teknologi komunikasi
Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh.


B.     KLASIFIKASI TEKNOLOGI
Jika dilihat secara spesifik, teknologi dapat dikelompokkan menjadi enam teknologi yakni teknologi komunikasi, teknologi masukan, teknologi keluaran, teknologi perangkat lunak, teknologi penyimpanan dan teknologi mesin pemrosessan.
a.      Teknologi masukan (input technology)
Teknologi masukan adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer seperti mouse dan keyboard.

b.      Teknologi penyimpanan
Teknologi penyimpanan dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan eksternal.
Memori internal (main memory) berfungsi sebagai pengingat sementara bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU contohnya ROM dan RAM. ROM (read only memory) adalah memory yang hanya bisa dibaca, sedangkan RAM (random acces memory) adalah memory yang isinya bisa diperbaharui.
Memori eksternal (external storage) adalah alat yang berfungsi menyimpan data secara permanen yang data tetap terpelihara dengan baik meskipun komputer dalam keadaan mati.

c.       Teknologi keluaran (output technologi)
Teknologi keluaran adalah teknologi yang berfungsi untuk menyajikan informasi hasil pengolahan sistem seperti layar atau monitor dan printer.

d.      Teknologi perangkat lunak ( software)
Perangkat lunak atau program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.


C.    KOMPONEN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem teknologi informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan teknologi informasi. Ada tiga komponen utama dalamsistem teknologi informasi berupa:
1.      Perangkat keras (hardware)
2.      Perangkat lunak (software)
3.      Orang (brainware)

D.    KLASIFIKASI SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Sistem teknologi informasi  dibedakan dengan berbagai cara pengklasifikasian yaitu menurut fungsi sistem dan menurut ukuran.
1.      Menurut fungsi sistem
Sistem teknologi informasi dapat dibedakan menjadi sistem teknologi informasi yang melekat (embedded IT system), sistem teknologi informasi yang khusus ( dedicated IT system) dan sistem teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system)
Embedded IT system adalah sistem teknologi informasi yang melekat pada produk lain seperti VCR (video casette recorder)
Dedicated IT system adalah sistem teknologi informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus seperti ATM (anjungan Tunai Mandiri) yang dirancang secara khusus untuk melakukan transaksi keuangan bagi nasabah bank.
General purpose IT system adalah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas yang bersifat umum seperti PC yang bersifat serbaguna yang umum dipakai di rumah.

2.      Fungsi menurut ukuran
Fungsi menurut ukuran ini lebih cenderung berdasarkan ukuran informasi yang dapat ditampung, kemampuan sistem yang ditawarkan, kecepatan pemroses dan jumlah orang yang menggunakan secara bersamaan. Klasifikasi komputer yaitu mikrokomputer, workstation, minikomputer, mainframe dan superkomputer.

a.      Superkomputer
Superkomputer adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Bisa menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan kompleks misalnya peramalan cuaca dan perancang roket.

b.      Miniframe
Mainframe adalah jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani proses data dengan volume sangat besar.

c.       Minikomputer
Minikomputer sering disebut midrange yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server.

d.      Workstation
Workstation adalah jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC (bisa menampung 8gigabyte sedangkah PC biasa bisa di bawah 1gigabyte).

e.       Mikrokomputer
Mikrokomputer adalah PC atau komputer pribadi. Mikrokomputer dapat berbentuk PC desktop, tower PC, laptop, notebook, palmtop dan PDA.
·         Desktop PC adalah jenis PC yang berukuran besar yang umum digunakan di rumah atau kantor dengan case (kotak CPU)
·         Tower PC adalah PC dengan case dalam keadaan berdiri (seperti menara).
·         Laptop adalah mikrokomputer yang bisa dibawa bepergian.
·         Notebook adalah mikrokomputer yang bisa dibawa bepergian dengan bentuk lebih kecil daripada laptop.
·         Palmtop atau biasa disebut handheld PC (PC genggam) adalah komputer berukuran sedikit lebih besar daripada kalkulator sehingga dapat diletakkan di tangan.
·         PDA (personal digital assistant) adalah jenis komputer genggam yang menggunakan pena sebagai pengganti keyboard.
f.       Minikontroler
Minikontroler sering disebut embedded computer adalah mikroprosessor khusus berukuran kecil yang bisa dipasang pada peralatan elektronis cerdas, mobil, lift dan barang yang lainnya.
            Peran teknologi informasi dalam kehidupan manusia sangatlah penting dan termasuk kebutuhan primer. Di zaman yang semakin maju Manusia pasti membutuhkan teknologi informasi. Bahkan teknologi informasi juga memiliki peran penting dalam dunia perbankan, dunia pendidikan, dunia medis, dunia kepolisian, dunia perdagangan elektronis, dunia perancangan produk dan lain sebagainya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar